Followers

Diberdayakan oleh Blogger.

Categories

SHOUT BOOK

Search

Jumat, 17 Juni 2011

UMS SURAKARTA

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA


FILOSOFI, VISI, MISI, DAN TUJUAN

Filosofi

Sebagai bagian dari amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah, Universitas Muhammadiyah Surakarta bertekad menjadikan “Wacana Keilmuan dan Keislaman” sebagai filosofi penyelenggaraan dan pengembangan institusi pendidikan tinggi. Penyelenggaraan dan pengembangan Universitas Muhammadiyah Surakarta berusaha mengintegrasikan antara nilai-nilai keilmuan keislaman sehingga mampu menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman. Visi dan Misi Perguruan tinggi pada hakekatnya merupakan lembaga yang berfungsi untuk melestarikan, mengembangkan, menyebarluaskan, dan menggali ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Selain itu perguruan tinggi juga berfungsi mengembangkan kualitas sumberdaya manusia dan menghasilkan jasa-jasa. Dalam era globalisasi, informasi, dan interpedensi sebagaimana yang telah, sedang, dan akan berlangsung, peran perguruan tinggi menjadi semakin penting. Dalam era tersebut keunggulan suatu bangsa tidak lagi ditentukan oleh kekayaan sumberdaya alam yang dimilikinya, tetapi lebih ditentukan oleh kualitas sumberdaya manusia, penguasaan informasi, serta penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Berkaitan dengan persoalan di atas, eksistensi Universitas Muhammadiyah Surakarta kedepan ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi tuntutan kebutuhan-kebutuhan tersebut. Untuk memenuhi tuntutan-tuntutan tersebut, Universitas Muhammadiyah Surakarta perlu secara terus-menerus mempertinggi daya saing dan daya juang guna mencapai keunggulan kompetitif berkelanjutan berdasarkan landasan filosofi dan pemikiran di atas Universitas Muhammadiyah Surakarta merumuskan visi, misi dan tujuan penyelenggaraan dan pengembangan sebagai berikut. 

Visi

Menjadi Kiblat Pengembangan IPTEKS yang Islami dan memberi arah perubahan. 
Misi
1. Memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berdasarkan nilai-nilai keislaman dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama. 2. Mengembangkan sumberdaya manusia berdasarkan nilai-nilai kislaman dan memberi arah perubahan dalam rangka membangun masyarakat Indonesia sebagai masyarakat utama.
Pokok-pokok pikiran tentang visi dan misi di atas dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. Kiblat Pengertian sebagai kiblat adalah bahwa keberadaan dan produk yang dihasilkan Universitas Muhammadiyah Surakarta diakui, dibutuhkan dan dijadikan sebagai rujukan dan alternatif utama oleh masyarakat, baik tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional.
2. Pengembangan ipteks yang Islami dan memberi arah perubahan Pengertiannya adalah upaya Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk mengembangkan ipteks didasarkan atas nilai-nilai Islam yaitu: tauhid (kesadaran tentang kesatuan antara pengetahuan dan nilai), ‘ilm (rasional-transendal, objektif, kritis, inovatif, kreatif, terbuka), amanah (kejujuran), berorientasi pada ‘adl (kesejahteraan manusia), khalifah (ketinggian kodrat dan martabat manusia), istishlah (kesejahteraan alam semesta) dalam rangka ‘ibadah (pengabdian manusia pada Tuhan). Pengembangan ipteks bersifat proaktif untuk memberikan arah bagi perubahan ipteks, masyarakat, bangsa dan Negara.

Tujuan
1. Menjadi universitas yang unggul di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan menghasilkan lulusan berkualitas yang mengamalkan nilai-nilai Islam 2. Menjadi universitas yang sustainable ( berkelanjutan) dengan tata kelola yang baik

© 2011 Universitas Muhammadiyah Surakarta
Jl. A. Yani Tromol Pos 1, Pabelan, 57102 • Surakarta • Indonesia
Telephone: +62 271 717417 • Fax: +62 271 715 448 


PROFIL LENGKAP UMS : http://www.ums.ac.id/visi-misi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

About Me